Pengertian Demokrasi dan Prinsip-Prinsip Demokrasi

Prinsip-prinsip Budaya Demokrasi dan Pengertian Demokrasi adalah berasal dari bahasa Yunani yaitu demos yang berarti rakyat dan kratos berarti pemerintahan. Jadi, demokrasi berarti pemerintahan rakyat atau pemerintahan yang rakyatnya memegang peranan yang sangat menentukan.
Abraham Lincoln mengemukakan pengertian demokrasi sebagai pemerintahan yang berasal dari rakyar, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Demokrasi tidak hanya merupakan suatu sistem tertentu yang karena itu juga mengandung unsur-unsur moril. Dapat dikatakan bahwa demokrasi didasari oleh beberapa nilai (value).
Hendri B. Mayo mengemukakan tentang nilai-nilai dalam demokrasi , yaitu :
  1. Menyelesaikan perselisihan dengan damai dan secara melembaga (instituionalized peaceful settlement of conflict)
  2. Menjamin terselenggaranya perubahan secara damai dalam suatu masyrakat yang sedang berubah (peaceful change in a changing society)
  3. Menyelenggarakan penggantian pemimpin secara teratur atau membatasi pemakaian kekerasaan/pemaksaan seminimal mungkin (minimum of coercion)
  4. Mengakui serta menganggap wajar adanya keanekaragaman (diversity)
  5. Menjamin tegaknya keadilan.
  6. Memajukan ilmu pengetahuan, dan
  7. mengakui dan menghormati kebebasan.

Gwendolen M.Carte, John H. Herz, dan Henry B.Mayo juga mengemukakan tentang prinsip-prinsip demokrasi, yaitu sebagai berikut :
  • Pembahasan tindakan pemerintahan untuk memeberikan perlindungan bagi individu dan kelompok dengan jalan menyusun pergantian pemimpin secara berkala, tertib, damai dan melalui alat-alat perwakilan rakyat.
  • Adanya toleransi terhadap perbedaan pendapat.
  • Persamaan didepan hukum diwujudkan dengan sikap tunduk pada rule of law
  • Adanya pemilihan yang bebas dan disertai model perwakilan yang efektif.
  • Diberikannya kebebasan berpartisipasi dan beroperasi bagi partai, organisasi kemsyarakatan, masyarakat dan perorangan, serta prasarana pendapat umum semacam pers dan media massa.
  • Adanya penghormatan terhadap hak-hak rakyat untuk menyatakan pendapat.
  • Dikembangkanya sikap menghargai hak-hak minoritas dan perseorangan.

Keyword : Budaya Demokrasi 

0 Response to "Pengertian Demokrasi dan Prinsip-Prinsip Demokrasi"

Posting Komentar