Mengembalikan data yang terformat

Tulisan ini saya tulis, berangkat dari pengalaman pahit saya hari kamis lalu (08-10-2009) ketika tanpa sengaja saya memformat hardisk. Ceritanya berawal, saat saya menginstall program 3D screensaver yang baru saja saya download dari LPWN Hamzanwadi Pancor. Ternyata program yang saya download itu adalah virus, yang kemudian merusak system windows di laptop axioo kesayangan saya. Kemudian DVD driver recover axioo saya masukkan ke DVD ROM, dan muncul layar prompt DOS. Memang dalam tampilannya meminta kita menekan tombol “Y” untuk lanjut, dan “N” untuk exit. Ya..entah kenapa saya coba saja menekan tombol Y. Saya pikir perintah ini hanya akan memformat drive C saja. Akhirnya….. seperti kiamat bagi saya. Saya coba command DIR drive C, ternyata isinya kosong. Artinya semua Data saya di laptop (dalam drive C, D, E, dan F) telah lenyap .
Saya terpaku sejenak memikirkan masalah ini. Betapa tidak, semua data-data penting sekolah, kampus, foto, file pribadi, dll hilang semua. Tapi saya berusaha menenangkan diri, karena pengalaman buruk ini pernah terjadi 5 tahun lalu, dimana semua data di laptop hilang semua dan tidak bisa dikembalikan sekalipun telah minta jasa service/mainteance saat itu.
Saya lakukan jurus berikut untuk solusi:


  1. berfikir tenang, semua masalah pasti ada jalan keluar
  2. bertanya ke mbah google, mencari informasi seputar cara mengemalikan partisi yang hilang akibat format hardisk. (ini saya lakukan di komputer Lab. Micro Teaching STKIP Hamzanwadi Selong, trims untuk mbak Naily atas waktunya).
  3. saya temukan banyak program untuk penyelamat data yang hilang
  4. siap lembur untuk meng-obrak-abrik laptop
  5. saya gunakan program Active Partition Recovery, Partition Find and Mount, tapi semuanya terlalu lama, dan tidak memuaskan.
  6. Saya coba program TestDisk 6.10 win.zip (tampilannya for DOS) dan setelah 3 jam saya nunggu sambil nonton final Miss Indonesia di Indosiar akhirnya bisa menampilkan semua partisi/drive yang hilang tersebut. Di step ini, hati saya mulai tenang dan langsung mengucapkan Alhamdulillah, karena file-file saya bisa kembali seperti sedia kala 100%. Thank to Allah SWT, thank to mbah google, dan thank to pembuat software Test Disk.
  7. Pukul 24:30, semua Data saya di laptop telah kembali (restored) semua.
  8. Alhamdulillah saya bisa tidur pulas.
Kesimpulan cerita:
Gunakan software Test Disk untuk mengembalikan semua partisi yang hilang,semua data yg hilang atau foto anda yang hilang baik di Hardisk, maupun USB/Flash Disk. Program ini FREE / GRATIS 100%
Link web: http://www.cgsecurity.org/
DOWNLOAD DI SINI

0 Response to "Mengembalikan data yang terformat"

Posting Komentar